√ 7 Penyebab Kamu Gagal Move On, inilah Penjelasan Psikologi Terkait "Sulit Melupakan Mantan "

Berpisah dengan orang yang kita sayangi atau kita cintai adalah suatu hal yang paling terberat dalam kehidupan kita. Setelah putus ataupun bercerai, fase yang paling menyedihkan ialah ketika kita baru saja berpisah, di fase inilah rasa kesepian dan risau selalu menyelimuti diri kita. bahkan kita tidak bisa memaksakan untuk tidak bersedih.

Perasaan Sedih, cemas dan galau pasti akan selalu datang ketika teringat masa-masa bersama. apalagi sudah meninggalkan kenangan manis yang pernah dijalani.


untuk melupakan sang mantan tidaklah mudah, apalagi jika sudah menjalani bersama bertahun-tahun lamanya. pasti banyak sekali kenangan yang pernah terukir ketika masih berdua, dari mulai sedih, tawa, bahagia dan menyelesaikan sebuah masalah.

apakah kamu pernah merasakan gagal move on??
(kamu berhak untuk bertanya pada dirimu sendiri).
jika belum bisa move on, mungkin di bawah ini ada beberapa penjelasan terkait psikologis alasan kamu GAGAL MOVE ON ialah:

1. ada perasaan bersalah terhadap mantan
perasaan ini akan muncul ketika kamu adalah penyebab hubunganya menjadi berpisah.

ya, cobalah bertanya pada dirimu sendiri, kesalahan apa yang telah diperbuat sampai berpisah dengan mantan. Jika penyebab berpisahnya adalah kesalahanmu, maka kamu akan merasakan sulitnya untuk melupakan.

biasanya rasa bersalah akan selalu menyelimuti perasaan dan fikiran, bahkan efek dari rasa bersalah tersebut akan menyebabkan susah untuk Move On.

penyesalan akan datang kapan saja, namun kamu harus menyadari hal tersebut, dan meminta maaf  adalah solusi pertama untuk memudahkanmu bisa melupakanya.

2. ada masalah yang belum di selesaikan
jika kamu termasuk orang yang sedang menjalani fase move on, namun masih terkendala dengan masalah yang belum terpecahkan, maka kamu akan merasa kesulitan untuk move on.

kamu harus selesaikan masalah tersebut agar proses move on yang kamu jalani tidak terhalangi oleh suatu masalah yang belum terpecahkan.

3. ritme biologis pada fikiranmu telah berubah
jika antara kamu dan mantan sudah sangat dekat sekali, bahkan hubunganmu antara mantan sangat baik. Maka sampai kapanpun emosional dan fikiranmu akan selalu mengingatnya, begitupula fikiranmu akan selalu mengingat kenangan pada masa-masa itu. bahkan emosionalmu tidak akan terbendung ketika mantan tidak mengabarimu.

biasanya untuk melupakanya cukup sulit, perlu fase pemulihan dan dukungan dari keluarga, sahabat dan teman untuk bisa melupakanya.

4. rasa kesepian
menurut study, seseorang yang putus cinta ataupun berpisah dengan pasanganya akan membuatnya merasa kesepian terus menerus. Ketika fase ini, kamu kehilangan orang yang memperhatikanya, bahkan kamu tidak mudah bergaul ketika pasca berpisah dengan pasanganya, di fikiranmu hanya masih teringat sosok mantan.

suasana ramai tidak bisa merubah hatimu yang sedang galau. seramai apapun suasana, ketika kamu sedang  merasakan kesepian karena berpisah, maka mood hatimu akan tetap galau.

5. ingin cepat-cepat move-on
sesuatu hal yang di inginkan seseorang ketika pasca berpisah ialah ingin cepat-cepat move on.

persepsi seperti ini justru akan membuatmu seperti lari dari kenyataan. Semua orang butuh waktu untuk berduka, sedih, menyesali ketika pasca berpisah. Dan jangan paksakan hatimu dan perasaanmu untuk cepat move on. karena hal itu akan membuat kamu teringat kembali sampai kapanpun.

kamu harus memberi waktu jeda untuk bersedih, dan mengevaluasi diri. Sebab move on itu tidaklah mudah, kehilangan orang yang pernah di sayangi dan di cintai tidak akan membuatmu melupakan begitu saja.

6. menolak kenyataan saat berpisah
seseorang yang merasakan sulit move on ialah karena dirinya belum bisa menerima atau menolak kenyataan untuk berpisah. Pada pasca ini, orang yang tidak menerima kenyataan berpisah dengan pasanganya seperti ingin menolak takdir.

ya, tidak ada seseorang yang menginginkan berpisah dengan pasanganya. Namun pahamilah "sekuat apapun menjaga hubungan dengan pasanganmu, jika ia bukan yang diciptakan untukmu maka akan berpisah juga"

jika seseorang yang berpisah belum memahami makna kata itu, maka ia akan merasakan sulit move on, karena di hati dan fikiranya hanya menginginkan seorang mantan.

7. terlalu cepat mencari pengganti
salah satu penyebab seseorang yang merasakan sulit move on ialah karena terlalu cepat atau terburu-buru mencari penggantinya.

biasanya seseorang yang baru saja berpisah ia justru mencari pengganti, agar bisa melupakan sang mantan. justru tindakan yang seperti itulah yang lari dari kenyataan, bahkan yang sebenarnya ia sedang melampiaskan emosional-nya dan perasaan-nya pada orang lain.

pada waktu yang lain justru akan menambahkan penyesalan-nya karena suasana dan perasaan-nya akan kembali teringat mantan.

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2