√ jangan buru-buru mencari pengganti pasangan pasca berpisah, inilah 5 Poin Yang Harus Kamu Lakukan ...

Ruangdiary.com - Ketika seseorang sedang berurusan dengan hal perpisahan, maka ada 2 kemungkinan filosofi yang sering kita dengar di lingkungan sekitar kita.
1. filosofi yang pertama, dengan memulai hubungan yang baru, maka akan mempermudah untuk melupakan sang mantan.
2. filosofi yang kedua, dengan buru-buru mencari pengganti, kemungkinan hanya akan menjadi pelampiasan saja.


kenapa banyak sekali orang yang buru-buru mencari pengganti pasangan setelah pasca berpisah?

alasan yang sering kita dengar ialah agar orang tersebut bisa cepat-cepat move on. salah satunya dengan cara mencari pengganti setelah pasca berpisah, namun hal ini sebenarnya suatu tindakan yang cukup salah.

karena perasaan yang sedang tersakiti/bersedih membutuhkan penyembuhan total untuk memulihkan hatinya sebelum menerima pengganti/pasangan barunya, agar tidak melampiaskan perasaanya pada orang lain.

dengan menjeda waktu dan mengevaluasi diri, maka akan menghindarkan dirinya salah dalam memilih pasangan. Sebab, orang yang buru-buru mencari pengganti akan mengabaikan fikiranya dan perasaanya. Tetapi ia akan mengutamakan emosionalnya dan selalu berfikir tergesa-gesa tanpa memikirkan efeknya, biasanya orang tersebut akan masa bodo dan cuek dengan keadaan yang dialaminya, berusaha mengalihkan perasaanya kepada orang lain, namun sebenarnya ia lemah ketika cara berfikirnya secepat mungkin untuk mencari penggantinya.

solusi tersebut bukanlah menemukan jalan keluar, namun akan menambah menyakiti perasaanya sendiri dan menyakiti hati orang lain. Dalam hal ini yang sering di lakukanya ialah agar bisa menutupi dan menghindar dari kenyataan yang diterimanya.

jika tindakan yang dilakukanya adalah dengan mencari pengganti disaat pasca berpisah, maka tidak akan menyembuhkan luka hatinya, melainkan akan menimbulkan suatu perasaan yang dilampiaskan kepada orang lain.

dibawah ini tips dan cara menghindari agar tidak terburu-buru mencari pengganti pasca berpisah.

1. kamu perlu instropeksi diri
ya.. kamu harus melakukan tindakan untuk instropeksi diri sebelum memulai menerima pasangan yang baru.

salah satu yang harus kamu fikirkan ialah, memikirkan kesalahan apa yang telah di perbuatnya yang menyebabkan hubungan menjadi berpisah. Jika ada kesalahanmu yang membuat hubungan menjadi berpisah, kamu perlu mengoreksi dan instropeksi diri untuk memperbaikinya.

sebab, menyalahkan keadaan yang sudah terjadi sama sekali tidak ada gunanya lagi. Yang paling utama ialah bagaimana memperbaiki kesalahan dan berusaha menerima apa yang terjadi.

2. tenangkan diri
menenangkan diri ialah suatu jalan yang paling utama di saat kamu patah hati, kesedihan dan rasa kecewa itu pasti ada, namun kamu harus tetap berusaha tenang dan tidak mengambil keputusan secara cepat.

dengan tindakan yang tenang dan berhati-hati, maka kamu akan mendapatkan ketenangan dalam hidup tanpa mempunyai rasa kecewa yang berkepanjangan. Pastikan jika kamu memiliki rasa tenang.. maka kamu dengan mudah akan melupakanya pasca berpisah.

3.butuh waktu
ya.. kamu membutuhkan waktu untuk tidak buru-buru mencari pengganti. Sebab, rasa sedih, kecewa yang sedang dialami membutuhkan waktu untuk memulihkanya.

berapa lama untuk memulihkan dari kesedihan itu?
'lama atau tidaknya tergantung pada seberapa besar cinta dan sayang-mu terhadap mantan kekasih,  semakin besar rasa sayang dan cinta yang kamu punya, maka kamu akan membutuhkan waktu yang lama sampai benar-benar terbiasa dengan keadaan saat ini'.

4. luangkan waktu sejenak untuk diri sendiri
ya,.. kamu sebenarnya butuh waktu luang untuk dirimu sendiri tanpa memikirkan mantan kekasih maupun pengganti setelah berpisah.

kamu tidak perlu lagi memikirkan keadaan sang mantan, dan tidak perlu memikirkan kecemasan esok hari setelah berpisah dengan mantan kekasih.

hal yang harus kamu fikirkan ialah seberapa besar kamu memikirkan dirimu sendiri, kesehatanmu, aktifitasmu dan kepentinganmu esok. Kamu tidak perlu berlebihan untuk memikirkan seseorang yang ternyata ia bukanlah diciptakan untukmu. Sebab, banyak hal yang harus kamu kerjakan untuk kepentingan pribadimu dan aktifitas yang harus kamu lakukan untuk masa depan.

5. evaluasi diri
evaluasi diri sangat penting bagi setiap orang yang hendak mengambil keputusan berikutnya dengan mengkaji setiap kemampuan dan masalah yang telah dihadapi sebelumnya.

dengan mengevaluasi diri, kamu akan lebih bersikap dewasa dan berhati-hati ketika menghadapi setiap masalah yang sedang di hadapi-nya. baik untuk saat ini maupun untuk masa yang akan datang..

penulis :

Iklan Tengah Artikel 2